Tuesday 15 January 2013

Joyride dengan 3 Kereta Api

Tanggal 6 Oktober 2012 saya joyride menggunakan KA Lodaya Malam, KRD Prambanan Ekspress dan KA Kutojaya Selatan. Mencari tiket KA Kahuripan terlebih dahulu ke Stasiun Padalarang, ternyata habis untuk KA Kahuripan ada juga K3AC  untuk tujuan Stasiun Lempuyangan dengan harga Rp 125.000,- hanya berbeda Rp 10.000,- dengan KA Lodaya K2. Jadi KA Kahuripan sekarang dalam satu rangkaian ada KA Kahuripan kelas Ekonomi dan Ekonomi AC, Maka saya putuskan untuk membeli Tiket KA Lodaya kelas Bisnis disamping harga yang sama KA ini lebih cepat sampainya.

Tiket KA Lodaya Malam 75

Berangkat dari Stasiun Cimahi menggunakan KA Lokal Padalarang - Cicalengka sekitar jam 18:00 turun di Stasiun Bandung sambil menunggu KA Lodaya berangkat Pukul 20:00 walaupun sudah punya tiket KA Lodaya  Malam tapi saya tidak langsung naik. Harus keluar Stasiun terlebih dahulu kemudian check in/pemeriksaan tiket oleh petugas. Sistem terbaru yaitu Sistem Boarding dimana penumpang boleh naik kereta satu jam sebelum keberangkatan. Jika KA Lodaya Malam yang saya naiki berangkat jam 20:00 maka penumpang baru bisa Check In jam 19:00

Setelah KA Turangga berangkat tepat Pukul 19:00 penumpang KA Lodaya Malam pun dipersilahkan untuk masuk kedalam kerera, saya pun bergegas menuju KA Lodaya tempat duduk K2 7D tempat duduk saya ternyata sudah ada yang menempati oleh oranh tua, ya sudah mengalah saja. Tepat Pukul 20:06 telat 6 menit dari keberangkatan dari biasanya, ternyata KA 76 berhenti juga di Stasiun Kiaracondong tidak lama hanya 3 menit.

Setelah beberapa jalan saya pun ketiduran maklum saya baru pulang kerja jam 15:00 ketika pemeriksaan tiket kereta api kondektur beserta petugas keamanan saya pun terbangun untuk di periksa. Saya tidak terlalu bisa menikmati perjalanan karena kondisi malam dan saya tidak duduk di pinggir jendela sehingga gak bisa memantau. Dari kenyamanan KA Lodaya cukup nyaman kemudian tempat duduk pun cukup nyaman, walaupun dengan kipas angin hanya saja sering kali penumpang tidak sesuai dengan nk tempat duduk, ada pula yang tiduran dibordes dengan alas koran menurut saya kurang ideal saja. Mungkin kedepan ada aturan yang tidak memperbolehkan penumpang tidur dibordes, kalo larangan merokok sudah bagus diterapkan jadi perjalanan kereta api bebas asap rokok.

Sudah menunjukan pukul 01:00 perut mulai terasa lapar, akhirnya saya memesan Nasi Goreng dengan Teh Hangat. Kebetulan di depan tempat duduk saya pada kosong saya pun pindah ke depan buat makan sambil kasihan si nenek pengen selonjoran. 15 Menit setelah memesan datang Praminya, Nasi Goreng dengan telur dan paha ayam rasanya cukup enak namun porsinya kurang mengenyangkan, baru aja mau menikmati makanan nya, ada anak terkunci di toilet si anak tidak di dampingi sama Ibu nya di bisa ngunci tapi buka kunci pintunya susah mungkin, akhirnya si Ibu minta tolong petugas akhirnya bisa terbuka alhamdulillah makan lagi.

Nyampe di Stasiun Banjar ada yang naik dia dapat tempat duduk 9D bangku tersebut sudah di kudeta oleh seorang yang tidur saya pun menawarkan tempat duduk di sebelah saya walaupun itu jg bukan tempat duduk saya asal bisa duduk aja. Baterai handphone saya habis saya pun memberanikan diri untuk mengecharge di restorasi ternyata bisa ya lumayan saya charge dulu. Kalau sudah makan tidur pun pasti nyenyak sampai tiba di Stasiun Kutoarjo sekitar satu jam lagi setelah Stasiun Kutoarjo adalah stasiun tujuan saya Stasiun Tugu Yogyakarta. Sampe di Yogyakarta telat dari Jadwal harusnya Pukul 03:41 tapi baru nyampe 04:18

Setelah saya tiba di Stasiun Tugu, Yogyakarta dengan sedikit berlari saya keluar dari Peron kemudian masuk ke tempat pembelian tiket Prambanan Ekspress untuk tujuan Stasiun Kutoarjo sudah menanti dan di berangkatkan Pukul 04:30 padahal saya baru nyampe Pukul 04:18 dengan harga tiket Rp 10.000,- tak  lupa saya ke ATM dulu buat ngambil uang lega rasanya sudah dapat tiket, uang pun ada, dan KA Prambanan Ekspress masih menunggu untuk diberangkatkan, naik lah saya ke KA Prambanan Ekspress 199 suasana sepi baru beberapa yg naik karena ini KA Prameks pertama yg menuju ke Stasiun Kutoarjo

Tiket KA Prambanan Ekspress 199

04:30 tepat berangkatlah KA Prambanan Ekspress 199 suasana hening di KA membuat mengantuk, tidak lama berselang datang kondektur, kondekturnya wanita berkerudung lho pertama kali nya liat kondektur wanita KA Prambanan Ekspress berhenti di Stasiun Wates 05:00, Stasiun Jenar 05:15 dan Stasiun Kutoarjo 05:30 on time. KA Prameks banyak bersilang dengan KA-KA malam baik dari Jalur utara maupun jalur selatan.

Prameks Ungu tiba di Stasiun Kutoarjo

Setibanya di Stasiun Kutoarjo saya melihat KA Kutojaya selatan sedang langsir ditarik ke DIPO suasana Stasiun relatif sepi karena masih pagi  juga. Sambil menunggu penjualan tiket KA Kutojaya Selatan  relasi Kutoarjo - Kiaracondong saya keliling-keliling stasiun dulu.
Setelah tiba di Stasiun Kutoarjo saya hunting tiket Kutoarjo - Kiaracondong untung-untungan sih karena saya beli pada hari H gak pesan jauh-jauh hari kalo ada syukur kalo gak ada ya cari KA Lodaya Pagi. Loket Pun di buka di situ tertera loket Penjualan langsung KA Kutoarjo, pas ngantri agak gak pede gitu karena tiket yang di jual tiket KA Manguwo Ekspress jurusan Manguwo. Pas di depan saya tanyakan ke mbak² nya "mau beli tiket KA Kutojaya masih ada gak mbak, gak apa² yang K3AC jg" pas di cek ternyata masih ada walaupun KMP3 No 1D dengan harga Rp 19.500,- muraaah!!!

Tiket KA Kutojaya Selatan 145

Nah udah tenang kalo udah dapet tiket tinggal beli oleh-oleh, mandi, trus sarapan.
Sambil nunggu KA di berangkatkan ngecharge dulu, kebetulan ada charge gratis di Stasiun Kutoarjo. Langsiran KA Sawunggalih Utama jurusan KTA - PSN di tarik ke jalur 4 berangkat pada Pukul 07:00 penumpang pun langsung naik KA tsb. Tak berapa lama KA Maguwo Ekspress tiba di Jalur 3 dari Purwokerto, baru kali ini saya melihat kereta mantap juga livery juga tapi sayang sering mogok buktinya, dari tadi KA belum di berangkatkan entah ada kerusakan apa yang jelas penumpang di Alihkan ke KA Logawa dan Prameks.
KA Sawunggalih Utama di berangkatkan Pukul 07:00, langsiran KA Kutojaya Selatan 145 pun di tarik ke jalur 5 lumayan banyak yang masuk. Jalur 4 Masuk KA Logawa dan penumpang KA Manguwo Ekspress di alihkan ke KA Logawa dan KA Prameks. Saya duduk di KMP3 1D alhamdulillah nyaman banget gak terlalu sempit.
KA Kutojaya Selatan 145 pun diberangkatkan tepat pukul 08:20 perjalanan siang hari dengan KA Ekonomi ini adalah pertama kalinya biasanya malam, cuaca pun agak mendung sehingga tidak terlalu panas. Kalo di pikir semua kereta sama cepatnya baik K1, K2, K3 bedanya adalah kalo K3 Harus bersilang sama K2, K1 yang pasti di utamakan kelas K2, K1 sama halnya KA 145 di Salip KA Bogowonto, Fajar Utama Semarang. KA 145 bersilang dengan KA Pasundan, KA Argo Wilis, KA Lodaya Pagi, dan KA Serayu. Pemandangan yang indah di kawasan Jabar Timur, Jalur yang ekstreem di petak Cipeundeuy, Cirahayu, Nagreg dll
KA Kutojaya Selatan 145 tidak berhenti di Stasiun Ciamis, Cibatu, dan Cicalengka perjalanan ini sungguh sangat menyenangkan sempat khawatir banyak pedagang, pengamen lalu lalang di sepanjang perjalanan tapi tidak sepenuhnya benar, pedagang masuk KA setelah berhenti dan keluar jika KA berangkat lagi. Telat dikit dari Jadwal, KA Kutojaya Selatan 145 tiba di Stasiun Pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Kiaracondong.