Saturday 2 June 2018

Bale Apung De Lempung Kuring

Berkunjung ke Bale Apung De Lempung Kuring ini sudah saya lakukan sebelum bulan Ramadan namun baru sekarang saya menyelesaikan tulisan ini. Oke kali ini saya dan teman-teman akan berkunjung ke tempat makan sekaligus wisata air yang cukup unik namanya Bale Apung De Lempung kuring.
Bale Apung De Lempung Kuring merupakan Tempat Wisata di daerah Pangauban Batujajar, Kabupaten Bandung Barat ini memang menjadi tempat Wisata plus Kuliner yang perlu dikunjungi oleh para pecinta wisata terutama dengan wisata kuliner sundanya yang membuat pengunjung ingin terus kembali lagi kesana karena suasananya yang khas pedesaan yang dikelilingi oleh Bendungan Saguling dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang khas Bandung. 

Untuk mencapai ke lokasi Bale Apung De Lempung Kuring jika saya tarik dari Pusat Pendidikan Pasukan Kopasus, (Pusdikpassus), Batujajar, Kabupaten Bandung Barat menuju Bale Apung De Lempung sekitar 6 km ditempuh dengan waktu sekitar 21 menit cukup lama karena jalan yang ditempuh menuju lokasi sebagian ada yang rusak, bergelombang dan cukup berdebu jika kemarau.

Salah satu spot menarik di Bale Apung De Lempung Kuring, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat

Sampai dilokasi kita parkiran kendaran dahulu ditepi Bendungan Saguling kemudian kita akan menaiki rakit yang telah disediakan untuk menuju Bale Apung De Lempung, rakit tersebut dikendalikan oleh dua orang yang bergiliran menarik tali sehingga rakit tersebut bisa sampai dilokasi.

Salah satu saung atau bale tempat untuk makan dan menikmati panorama 

Sesampainya di Bale Apung beberapa rak sandal dan sepatu telah tersedia karena di Bale Apung De Lempung diwajibkan sandal dan sepatu dibuka, bermacam-macam bale dari ukuran besar sampai kecil disini ada. Tergantung berapa orang yang akan berkunjung, sesuai ketersediaan apalagi beberapa orang biasanya sudah reservasi terlebih dahulu agar mendapatkan tempat yang sesuai keinginan.

Panorama disekitar Bale Apung De Lempung Kuring

Menu khas sunda yang saya pesan adalah Nasi Timbel Komplit dengam Ikan Bakar, tempe dan tahu goreng, tumis kangkung, es teh manis, kelapa muda. Disamping yang saya pesan tersebut masih banyak menu yang tersedia seperti Karedok, nasi tutug oncom, nila cobek, ikan bakar dan aneka Jus. Untuk makanan cukup enak tapi yang membuat beda adalah pemandangan yang ada disekitar resto adalah pemandangan air Bendungan Saguling ditambah suasana yang seru berkaraoke sudah disediakan oleh pengelola membuat pengunjung ingin kembali ke Bale Apung De Lempung Kuring.

Sebagian kecil menu makanan di Bale Apung De Lempung Kuring, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat

Selain fasilitas tersebut ada pula fasilitas yang suka berkaroke disediakan pula disini yang suka joget-joget silahkan bersuka ria, jika ingin mengelilingi Bendungan Saguling ada pula perahu yang bisa disewa bersama-sama tidak mahal cukup membayar Rp10.000,- per orang (maret 2018).
Mengelilingi  Bendungan Saguling dengam menggunakan perahu dengan  harga yang relatif murah. 

Sambil menunggu menu makanan cukup lama disajikan, kita bisa berkaroke ria sambil joget-joget gak jelas

Oke lengkap sekali ya Wisata Bale Apung De Lempung ini ada wisata mengelilingi Bendungan Saguling, kuliner pula mengenyangkan sekaligus refreshing. Jadi sayang sekali jika kalian tidak mencoba berkunjung ke Bale Apung De Lempung, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat dengan orang-orang yang kalian cintai.

Video Jalan-jalan mengelilingi Bendungan Saguling

No comments:

Post a Comment