Friday 14 September 2018

Candi Lumbung Candi Utama dan Perwara

Pintu masuk Candi Lumbung sebelah barat

Kunjungan di pagi hari ini saya fokuskan ke candi di luar percandian Rara Jonggrang setelah berkunjung ke Candi Bubrah saya berkunjung ke Candi Lumbung. Candi Lumbung terletak di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan dan secara administratif berada di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Candi Lumbung berlatar agama Buddha yang dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerjaaan Mataram Kuno. Candi ini sedang dalam masa pemugaran dimana candi ini merupakan kumpulan dari satu candi utama yang berada di tengah dan candi perwara atau candi pendamping sebanyak 16 candi yang mengelilingi candi utama.

Siluet Candi Lumbung posisi membelakangi candi, indah bukan?

Suasana masih sejuk dan tidak banyak orang yang berkunjung serasa milik sendiri, mengeksplorasi dan berkeliling candi dengan tenang. Terlihat candi utama belum berwujud secara utuh, masih bagian-bagian yang belum selesai dipugar terutama dibagian atap dari candi, sedikit saya menenemukan relief-relief seperti sesosok pria dan wanita kemudian ditangga menuju candi utama dikiri dan kanan mengapit tangga terdapat relief kuwera dan hariti. Sosok seperti kepala naga yang menganga mulutnya dimana mulut tersebut terdapa sesosok singa atau apa saya pun tidak begitu jelas melihatnya. Selain candi utama ada juga bangunan kecil candi perwara atau candi pendamping, tidak terlalu besar dan beberapa objek saya lihat di candi perwara terdapat relief-relief seperti relief kepala kala jika saya tidak salah melihat.

Candi utama

Candi perwara atau pengapit

Setelah puas saya melanjutkan ke candi berikutnya tidak jauh dari Candi Lumbung yaitu Candi Sewu yang merupakan candi terbesar Buddha kedua setelah Candi Borobudur

No comments:

Post a Comment