Thursday 31 December 2015

Stone Garden Geopark

Tidak lengkap rasanya jika kita ke Gua Pawon tidak mampir ke Stone Garden Geopark, tempat wisata "dadakan" yang hits di social media ini naik pamor. Sebenarnya Stone Garden dikelola oleh sejumlah penduduk setempat bukan dari pengelola yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, setahu saya pengelolaan oleh Pemerintah Daerah hanya Gua Pawon saja. Sebelum ke Gua Pawon kita pun menuju Stone Garden terlebih dahulu ada jalur dari Gua Pawon menuju Stone Garden, jalannya menanjak, terjal rawan licin jika hujan karena memang posisi Stone Garden ada diatas dari Gua Pawon. Lokasi masih di Gua Pawon menuju Stone Garden Geo Park

Setelah berjuang naik sekitar 30 menit kita sampai di depan masuk Stone Garden disisi-sisi jalan berderet warung makan cukup lengkap. Pintu masuk Stone Garden pun tidak seperti gerbang atau layaknya pintu masuk, hanya ada Pos yang menjual tiket masuk cukup menulis berapa orang yang berkunjung, kemudian bayar di pos tersebut. Agak kebingungan juga karena tidak tahu itu pos jaga untuk bayar saya hanya nyelonong saja, sampai ada petugas memberitahu bahwa bayar tiket masuk di Pos Jaga tersebut.

Stone Garden merupakan hamparan batu-batu dengan posisi yang tidak beraturan, alami sehingga terlihat keindahan dari batu-batu tersebut.

Posisi Batu yang tidak beraturan dengan rumput dan ilalang hijau menambah kesan cantik tempat ini, cocok untuk berselfie atau wefie, bahkan Stone Garden disewakan untuk foto pre-wedding.

View yang sangat Indah

Sebenarnya batu-batu yang ada di Stone Garden menurut saya bukan khas batu yang ada didarat seperti biasanya banyak batu-batu yang keras, berongga layaknya seperti koral yang ada di lautan.

Batu-batu yang ada di Stone Garden sangat-sangat keras

Berdasarkan literatur yang saya baca dan informasi dari Museum Geologi, batu yang ada di Stone Garden merupakan jenis batu Karst. Karst sering di kenal dengan nama “Batu Gamping” yaitu batuan endapan yang terbentuk di dasar lautan dan disusun oleh berbagai cangkang binatang laut dalam kurun waktu jutaan tahun. Melalui proses geologi akhirnya endapan batu tersebut terangkat ke permukaan laut dan membentuk daratan atau pegunungan batu gamping. Nah terangkatnya batuan ke daratan belum saya simpulkan bagaimana hal tersebut  bisa terjadi. Apakah di lokasi tersebut ada gempa bumi atau Tsunami atau justru dahulu kawasaan ini memang laut atau tertutup air masih ada hubungan dengan Cekungan Bandung, Karst Citatah yang banyak sekali pertambangan batu kapur. Sehingga air yang ada menyusut karena pada dasarnya Batuan Kapur menyerap air secara cepat. Hal ini hanya sebagai dugaan saya saja, belum ada informasi yang valid tentang hal ini.

Stone Garden Geopark berada di kawasan Karst Citatah penambangan batu kapur disini memang marak dari perusahan besar sampai perorangan. Tambang batu cepat lambat akan membuat gunung-gunung dikawasan Karst Citatah habis ditambang. Karst Citatah termasuk kawasan warisan tertua di pulau Jawa. Terbentang sepanjang 6 Km dari Tagog Apu hingga wilayah Selatan Rajamandala. Jajaran gunung batu ini terbentuk pada Zaman Miosen yakni sekitar 20-30 juta tahun silam. Selanjutnya oleh kegiatan air yang umumnya air hujan yang mengandung senyawa CO2, terjadilah proses kimiawi hingga membentuk rongga-rongga berbagai bentuk dan ukuran dalam kurun waktu ribuan tahun atau lebih.

View disekitar Stone Garden jika dilihat banyak pertambangan batu, suara deru mesin dan kepulan asap hitam terus tidak berhenti untuk menghasilkan rupiah.
Karya Tuhan" dengan pemandangan gunung disekitarnya.

Wisata tidak hanya sekedar datang foto-foto, makan, pulang. Namun sisi edukasinya pun harus ada apa, bagaimana, kenapa hal tersebut bisa terjadi. Sehingga pada akhirnya kita bisa lebih menambah wawasan ilmu pengetahuan kita.

Wednesday 30 December 2015

Curug Cimahi

Foto Curug Cimahi Tahun 2016

Foto Curug Cimahi Tahun 2014

Wisata yang hits dari zaman baheula sampai sekarang, sudah beberapa kali saya mengunjungi tempat ini. Terletak di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kec Cisarua, Kab Bandung Barat tidak terlalu jauh dari rumah saya di Kota Cimahi. Ketinggian air terjun ini sekitar 87 meter adalah salah satu air terjun tertinggi di wilayah Bandung Raya, air terjun ini berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke wilayah Kota Cimahi. Dari tahun ke tahun saya merasa jika debit air terjunnya semakin sedikit namun pihak pengelola semakin menambah fasilitas-fasilitas penunjang untuk wisatawan diantaranya shelter tempat istirahat ketika naik turunnya wisatawan ke lokasi, pusat informasi, kemudian pos jaga, mushola dan toilet dll.

Plat name 587 anak tangga yang harus dilewati sebelum menuju Curug Cimahi. Pake bahasa arab juga keren kan

Di pintu masuk Curug Cimahi kita harus menuruni sebanyak 587 anak tangga jika lelah ada shelter tempat istirahat sesekali bisa berfoto-foto di plat name Curug Cimahi. Hati-hati melangkah disetiap anak tangga takut jatuh terpeleset apalagi ketika hujan turun, beberapa waktu yang lalu sempat Curug Cimahi ditutup karena ada longsoran, hati-hati pula jika berkunjung terhadap barang bawaan kalian terutama makanan kalian bisa-bisa dicuri oleh kawanan moyet-moyet ekor panjang liar.

Si monyet liar mencuri minuman sayang dia tidak bisa membuka botolnya

Cimahi pula sekarang bisa disebut Curug Pelangi rebrandingnya dari Curug Cimahi mengemas air terjun ini dengan lampu warna warni sehingga ketika dinyalakan nampak air terjun seperti pelangi. Keindahan curug cimahi ini terlihat menjelang sore dan di malam hari sangatlah luar biasa indahnya. Perpaduan eksotisme alam sekitar curug yang sangat alami khas pegunungan dengan pencahayaan cahaya menghadirkan suguhan atraksi alam yang spektakuler. Eksotisme khas curug pelangi atau Rainbow Waterfall ini akan semakian terasa oleh setiap pengunjung yang turun ke bawah dengan menuruni anak tangga, setiap butiran air terjun yang mambasahi wajah kalian terasa alami, segar dan menyejukan.

Kehidupan Prasejarah di Gua Pawon

Setelah melakukan beberapa kunjungan ke Museum Sri Baduga dan Museum Geologi yang membahas tentang Gua Pawon dan penemuan kerangkanya, saya berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke Gua Pawon untuk mengetahui lebih jauh ada apa di Gua Pawon. Jarak dari Cimahi menuju Gua Pawon sekitar 15 km perjalanan sekitar 60 menit, jalanan disekitar memang cukup macet terutama didaerah Cimareme, Tagog, Padalarang.

Pada akhir tahun 1999, Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB) melakukan penelitian geologi di kawasan Karst Rajamandala, tepatnya di Gua Pawon, Gunung Masigit, Padalarang, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung. Dalam kegiatan penelitian ini ditemukan berbagai alat dan perkakas batu (artefak). Penelitian ini ditindak lanjuti oleh Balai Arkeologi dengan melakukan penggalian (ekskavasi) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kehidupan di Gua Pawon khususnya dan disekitar Danau Bandung Purba pada umumnya. Penggalian arkeologis yang dilakukan menghasilkan temuan yang mengarah pada kesimpulan bahwa Gua Pawon pernah dijadikan hunian oleh manusia prasejarah di masa lampau. Karena didalam gua ditemukan rangka manusia yang secara anatomis relatif utuh. Selain rangka manusia di dalam gua ditemukan juga berbagai artefak dari bebatuan dan tulang binatang, perhiasan dari gigi binatang, sisa-sisa molusca serta fragmen tulang. Temuan rangka manusia yang dinamakan "Manusia Pawon" ini, berdasarkan ciri fisik (tengkorak) termasuk ras Mongoloid. Dari hasil ekskavasi terakhir ditemukan sisa-sisa rangka manusia yang mewakili 4 individu dan diberi no urut RI, RII, RIII, RIV. Rangka-rangka tersebut mewakili periode budaya yang berbeda. Analisi umur yang dilakukan berdasarkan unsur karbon (carbon dating) "Manusia Pawon" ini hidup antara 5600-9500 tahun yang lalu.
Membeli tiket sebesar Rp 5000,- disekitar Gua Pawon masih banyak terdapat monyet-monyet liar, agar berhati-hati dengan barang bawaannya bisa jadi hilang dicuri oleh monyet.

Memasuki Gua Pawon kita berjalan ada tangga melewati lorong gua yang dihuni oleh kawanan kelalawar, bau tidak sedap dari kotoran kelelawar menyeruak beruntung hanya satu lorong itu saja yang berbau tidak sedap, kita pun berjalan dikegelapan dengan lorong yang sempit, namun dibeberapa tempat memang relatif cahaya bisa masuk

Celah-celah yang sempit namun Gua Pawon sendiri relatif besar, dan di dalam gua tersebut terdiri dari beberapa ruangan besar.

Gua ini relatif tidak terlalu gelap karena cahaya matahari bisa masuk melalui langit-langit gua.

Kita berjalan terus ke sisi kiri, terdapat ruangan yang merupakan situs purbakala. Terdapat pula tengkorak manusia prasejarah yang telah diekskavasi, namun dipagari sehingga pengunjung hanya dapat melihatnya saja. Kerangka yang ada di Gua Pawon tersebut merupakan replika, aslinya ada di Balai Arkeologi Bandung di Cileunyi.

Suasana Gua nampak sunyi, semilir angin yang berhembus dicelah ruangan membuat nyaman berlama-lama di dalam Gua. Sayang Gua Pawon masih terlihat aksi tangan-tangan jahil terkait vandalisme, seharusnya pengelola tindak tegas hal ini.

Memperhatikan dinding-dinding Gua yang sangat indah menurut saya. Namun hati-hati banyak jalanan yang cukup licin terutama jika hujan.

Dari teori hunian gua, di keilmuan arkeologi, ada tiga fungsi gua. Sebagai tempat hunian, tempat penguburan, dan multifungsi atau bisa buat hunian sekaligus penguburan. Gua Pawon ini multifungsi. Nah, yang difungsikan jadi tempat penguburan itu biasanya tempat yang jarang dilalui. Memang Gua Pawon tidak terlalu ramai seperti objek wisata yang terkenal di Bandung Selatan atau bahkan Kota Bandung, masih banyak misteri yang tersimpan dalam Gua Pawon yang harus dipecahkan termasuk Cekungan Bandung didalamnya apakah berkaitan atau tidak.

Sunday 27 December 2015

Museum Konferensi Asia Afrika

Setelah berkunjung ke Museum Sri Baduga saya menuju Museum ketiga yaitu Museum Konferensi Asia Afrika, sekitar 3 km dari Museum Sri Baduga.

Gedung Merdeka yang dahulu bernama Gedung Concordia digunakan untuk Konferensi Asia Afrika 1955 dan jalan tepat didepan Gedung Merdeka diubah dari Jalan Raya Timur menjadi Jalan Asia Afrika

SEJARAH SINGKAT

Pada awal tahun 1954, Perdana Menteri Ceylon, Sir John Kotelawala, mengundang para perdana menteri dari Birma (U Nu), India (Jawaharlal Nehru), Indonesia (Ali Sastroamidjojo), dan Pakistan (Mohammed Ali) dengan maksud mengadakan suatu pertemuan informal di negaranya. Undangan tersebut diterima baik oleh semua pimpinan pemerintah negara tersebut. Pada kesempatan itu, Presiden Indonesia, Soekarno, menekankan kepada Perdana Menteri Indonesia, Ali Sastroamidjojo, untuk menyampaikan ide diadakannya Konferensi Asia Afrika pada pertemuan Konferensi Kolombo tersebut. Beliau menyatakan bahwa hal ini merupakan cita-cita bersama selama hampir 30 tahun telah didengungkan untuk membangun solidaritas Asia Afrika dan telah dilakukan melalui pergerakan nasional melawan penjajahan

Salah satu suksesor Konferensi Asia Afrika dan satu-satunya Perdana Menteri Indonesia Ali Sastroamijoyo

PM Inda Jawaharlal Nehru

Pada 28 April – 2 Mei 1954, Konferensi Colombo berlangsung untuk membicarakan masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama. Dalam konferensi tersebut, Perdana Menteri Indonesia, Ali Sastroamidjojo, mengusulkan perlunya diadakan pertemuan lain yang lebih luas antara Negara-negara Afrika dan Asia karena masalah-masalah krusial yang dibicarakan itu tidak hanya terjadi di Negara-negara Asia yang terwakili dalam konferensi tersebut tetapi juga dialami oleh negara-negara di Afrika dan Asia lainnya.

Usul ini diterima oleh semua peserta konferensi walaupun masih dalam suasana skeptis. Konferensi memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjajaki kemungkinannya dan keputusan ini dimuat di bagian akhir Komunike Konferensi Colombo.
Pemerintah Indonesia, melalui saluran diplomatik, melakukan pendekatan kepada 18 Negara Asia Afrika, untuk mengetahui sejauh mana pendapat negara-negara tersebut terhadap ide pelaksanaan Konferensi Asia Afrika. Ternyata pada umumnya mereka menyambut baik ide ini dan menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah konferensi tersebut, walaupun mengenai waktu penyelenggaraan dan peserta konferensi terdapat berbagai pendapat yang berbeda.

Pada 18 Agustus 1954, melalui suratnya, Perdana Menteri Jawaharlal Nehru dari India mengingatkan Perdana Menteri Indonesia tentang perkembangan situasi dunia dewasa itu yang semakin gawat, sehubungan dengan adanya usul untuk mengadakan Konferensi Asia Afrika. Memang Perdana Menteri India dalam menerima usul itu masih disertai keraguan akan berhasil-tidaknya usul tersebut dilaksanakan.
Barulah setelah kunjungan Perdana Menteri Indonesia pada 25 September 1954, beliau yakin benar akan pentingnya diadakan konferensi tersebut. Keyakinan serupa dinyatakan pula oleh Perdana Menteri Birma, U Nu, pada 28 September 1954.

Pada 28 – 29 Desember 1954, atas undangan Perdana Menteri Indonesia, para perdana menteri peserta Konferensi Kolombo (Birma, Ceylon, India, Indonesia, dan Pakistan) mengadakan pertemuan di Bogor, untuk membicarakan persiapan Konferensi Asia Afrika.

Pertemuan di Bogor membahas persiapan Konferensi Asia Afrika

Konferensi tersebut berhasil merumuskan kesepakatan tentang, agenda, tujuan, dan negara-negara yang diundang pada Konferensi Asia Afrika. Kelima negara peserta Konferensi Bogor menjadi sponsor Konferensi Asia Afrika dan Indonesia dipilih menjadi tuan rumah pada konferensi tersebut, yang ditetapkan akan berlangsung pada akhir minggu April tahun 1955. Presiden Indonesia, Soekarno, menunjuk Kota Bandung sebagai tempat berlangsungnya konferensi.

MENJELANG KONFERENSI ASIA AFRIKA

Dalam persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika, dibentuk Sekretariat Bersama yang diwakili oleh lima negara penyelenggara. Indonesia diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Roeslan Abdulgani, yang juga menjadi ketua badan itu, dan 4 negara lainnya diwakili oleh kepala-kepala perwakilan mereka masing-masing di Jakarta, yaitu Kuasa Usaha U Mya Sein (Birma), Duta Besar M. Saravanamuttu (Ceylon), Duta Besar B.F.H.B. Tyabji (India), dan Duta Besar Choudhri Khaliquzzaman (Pakistan).

Pemerintah Indonesia sendiri membentuk Panitia Interdepartemental pada 11 Januari 1955 yang diketuai oleh Sekretaris Jenderal Sekretariat Bersama dengan anggota-anggota dan penasehatnya berasal dari berbagai departemen guna membantu persiapan-persiapan konferensi tersebut.

Di Bandung, tempat diadakannya konferensi, dibentuklah Panitia Setempat pada 3 Januari 1955, dengan ketuanya Sanusi Hardjadinata, Gubernur Jawa Barat. Panitia Setempat bertugas mempersiapkan dan melayani hal-hal yang bertalian dengan akomodasi, logistik, transportasi, kesehatan, komunikasi, keamanan, hiburan, protokol, penerangan, dan lain-lain.

Gedung Concordia dan Gedung Dana Pensiun dipersiapkan sebagai tempat sidang-sidang konferensi. Hotel Homann, Hotel Preanger, dan 12 hotel lainnya serta 31 bungalow di sepanjang Jalan Cipaganti, Lembang, dan Ciumbuleuit dipersiapkan sebagai tempat menginap para peserta yang berjumlah lebih kurang 1500 orang. Hampir semua kepala pemerintahan menginap di bungalow, kecuali beberapa yang memilih menginap di Hotel Savoy Homann. KAA diliput 377 wartawan, dari dalam dan luar negeri. Mereka diinapkan di Hotel Swarha Islamic di pojok Alun-alun Bandung. Untuk memberikan layanan telekomunikasi yang maksimal, jaringan telepon, telegram, dan pos ditingkatkan pelayanannya. Kemampuan pengiriman telegram ditingkatkan hingga 100.000-200.000 kata per hari. Pimpinan Pos, Telepon, dan Telegram bekerja ekstra keras.

Keperluan transportasi disediakan 145 sedan, termasuk Plymouth Belvedere dan Opel Kapitan keluaran tahun 1954, 30 taksi, 20 bus, dan 230 sopir untuk melayani keperluan para peserta dan wartawan. Bahan bakar minyak (BBM) yang diperlukan setiap hari 30 ton, dan stok untuk 5 hari sebanyak 175 ton. Perusahaan minyak Stanvac berjanji akan menyediakan semua keperluan itu. Bahkan Stanvac juga menyiapkan instalasi minyak di Cirebon yang dapat menyimpan 800.000 liter BBM (setara hampir 800 ton). Itu belum semua, di Bandung dibangun empat stasiun pengisian bahan bakar minyak untuk umum (SPBU) tambahan.

Dalam kesempatan memeriksa persiapan-persiapan terakhir di Bandung pada 7 April 1955, Presiden Indonesia Soekarno meresmikan penggantian nama Gedung Concordia menjadi Gedung Merdeka, Gedung Dana Pensiun menjadi Gedung Dwiwarna, dan sebagian Jalan Raya Timur menjadi Jalan Asia Afrika. Penggantian nama tersebut dimaksudkan untuk lebih menyemarakan konferensi dan menciptakan suasana konferensi yang sesuai dengan tujuannya.Presiden Soekarno bahkan menentukan makanan apa saja yang disajikan kepada para tamu KAA. Ia menginginkan para tamu disuguhi makanan khas Indonesia, seperti soto, sate, dan gado-gado. Dan, juga makanan ringan, seperti klepon, pukis, lemper, kue lapis, dan cendol.

Pada 15 Januari 1955, surat undangan Konferensi Asia Afrika dikirimkan kepada kepala pemerintah dari 25 Negara Asia dan Afrika. Dari seluruh negara yang diundang hanya satu negara yang menolak undangan itu, yaitu Federasi Afrika Tengah, karena memang negara itu masih dikuasai oleh orang-orang bekas penjajahnya, sedangkan 24 negara lainnya menerima baik undangan itu, meskipun pada mulanya ada negara yang masih ragu-ragu.

Negara-negara Peserta Konferensi Asia-Afrika :

Afghanistan, Indonesia, Pakistan, Birma, Iran, Filipina, Kamboja, Irak, Iran, Arab Saudi, Ceylon, Jepang, Sudan, Republik Rakyat Tiongkok, Yordania, Suriah, Laos, Thailand, Mesir, Libanon, Turki, Ethiopia, Liberia, Vietnam (Utara), Vietnam (Selatan), Pantai Emas, Libya, India, Nepal, Yaman

ASIA AFRIKA BERGEMA DARI BANDUNG

Pada Senin, 18 April 1955, sejak fajar menyingsing telah tampak kesibukan di Kota Bandung untuk menyambut pembukaan Konferensi Asia  Afrika. Sejak pukul 07.00 WIB kedua tepi sepanjang Jalan Asia Afrika dari mulai depan Hotel Preanger sampai dengan kantor pos penuh sesak oleh rakyat yang ingin menyambut dan menyaksikan para tamu dari berbagai negara. Sementara itu, para petugas keamanan yang terdiri dari tentara dan polisi telah siap di tempat tugas mereka untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Ini main hall Gedung Merdeka tempat Konferensi Asia Afrika diselenggarakan

Balkon tempat media untuk mengamati berlangsungnya Konferensi Asia Afrika

Kursi-kursi untuk peserta delegasi Konferensi Asia Afrika, saya beruntung bisa merasakan empuknya kursi tersebut.

Sekitar pukul 08.30 WIB, para delegasi dari berbagai negara berjalan meninggalkan Hotel Homann dan Hotel Preanger menuju Gedung Merdeka secara berkelompok untuk menghadiri pembukaan Konferensi Asia Afrika. Banyak di antara mereka memakai pakaian nasional masing-masing yang beraneka corak dan warna. Mereka disambut hangat oleh rakyat yang berderet di sepanjang Jalan Asia Afrika dengan tepuk tangan dan sorak sorai riang gembira. Perjalanan para delegasi dari Hotel Homann dan Hotel Preanger ini kemudian dikenal dengan nama “Langkah Bersejarah” (The Bandung Walks/Historical Walk). Kira-kira pukul 09.00 WIB, semua delegasi masuk ke dalam Gedung Merdeka.

Prosesi "The Bandung Walk" para delegasi pemimpin Asia-Afrika berjalan dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka tempat Konferensi dibuka

Tidak lama kemudian rombongan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, tiba di depan Gedung Merdeka dan disambut oleh rakyat dengan sorak-sorai dan pekik “merdeka”. Di depan pintu gerbang Gedung Merdeka kedua pimpinan Pemerintah Indonesia itu disambut oleh lima perdana menteri negara sponsor.

Pada pukul 10:20 WIB setelah diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia : “Indonesia Raya”, Presiden Indonesia, Soekarno, mengucapkan pidato pembukaan yang berjudul “Let a New Asia And a New Africa be Born” (Mari Kita Lahirkan Asia Baru dan Afrika Baru).

Dalam kesempatan tersebut Presiden Soekarno menyatakan bahwa kita, peserta konferensi, berasal dari kebangsaan yang berlainan, begitu pula latar belakang sosial dan budaya, agama, sistem politik, bahkan warna kulit pun berbeda-beda, namun kita dapat bersatu, dipersatukan oleh pengalaman pahit yang sama akibat kolonialisme, oleh keinginan yang sama dalam usaha mempertahankan dan memperkokoh perdamaian dunia. Pada bagian akhir pidatonya beliau mengatakan :

“Saya berharap konferensi ini akan menegaskan kenyataan, bahwa kita, pemimpin-pemimpin Asia dan Afrika, mengerti bahwa Asia dan Afrika hanya dapat menjadi sejahtera, apabila mereka bersatu, dan bahkan keamanan seluruh dunia tanpa persatuan Asia Afrika tidak akan terjamin. Saya harap konferensi ini akan memberikan pedoman kepada umat manusia, akan menunjukkan kepada umat manusia jalan yang harus ditempuhnya untuk mencapai keselamatan dan perdamaian. Saya berharap, bahwa akan menjadi kenyataan, bahwa Asia dan Afrika telah lahir kembali. Ya, lebih dari itu, bahwa Asia Baru dan Afrika Baru telah lahir!”

Pidato tersebut berhasil menarik perhatian dan mempengaruhi hadirin yang dibuktikan dengan adanya usul Perdana Menteri India dan didukung oleh semua peserta konferensi untuk mengirimkan pesan ucapan terimakasih kepada presiden atas pidato pembukaannya.

Pada pukul 10.45 WIB., Presiden Indonesia, Soekarno, mengakhiri pidatonya, dan selanjutnya sidang dibuka kembali. Secara aklamasi, Perdana Menteri Indonesia terpilih sebagai ketua konferensi. Selain itu, Ketua Sekretariat Bersama, Roeslan Abdulgani, dipilih sebagai sekretaris jenderal konferensi.

Kelancaran jalannya konferensi dimungkinkan oleh adanya pertemuan informal terlebih dahulu di antara para pimpinan delegasi negara sponsor dan negara peserta sebelum konferensi dimulai yaitu pada 17 April 1955. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan yang bertalian dengan prosedur acara, pimpinan konferensi, dan lain-lain yang dipandang perlu. Beberapa kesepakatan itu berisi antara lain bahwa prosedur dan acara konferensi ditempuh dengan sesederhana mungkin dan dalam memutuskan sesuatu akan ditempuh sistem musyawarah dan mufakat (sistem konsensus).

Suasana ketika Konferensi Asia Afrika berlangsung

Sidang konferensi terdiri atas sidang terbuka untuk umum dan sidang tertutup hanya bagi peserta konferensi. Dibentuk tiga komite, yaitu Komite Politik, Komite Ekonomi, dan Komite Kebudayaan. Semua kesepakatan tersebut selanjutnya disetujui oleh sidang dan susunan pimpinan konferensi adalah sebagai berikut :

Ketua Konferensi: Ali Sastroamidjojo, Perdana Menteri Indonesia

Ketua Komite Politik: Ali Sastroamidjojo, Perdana Menteri Indonesia

Ketua Komite Ekonomi: Roosseno, Menteri Perekonomian Indonesia

Ketua Komite Kebudayaan: Muhammad Yamin, Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Indonesia

Sekretaris Jenderal Konferensi: Roeslan Abdulgani, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia

Dalam sidang-sidang selanjutnya muncul beberapa kesulitan yang bisa diduga sebelumnya. Kesulitan-kesulitan itu terutama terjadi dalam sidang-sidang Komite Politik. Perbedaan pandangan politik dan masalah-masalah yang dihadapi antara Negara-negara Asia Afrika muncul ke permukaan, bahkan sampai pada tahap yang relatif panas.

Namun berkat sikap yang bijaksana dari pimpinan sidang serta hidupnya rasa toleransi dan kekeluargaan di antara peserta konferensi, maka jalan buntu selalu dapat dihindari dan pertemuan yang berlarut-larut dapat diakhiri.

Setelah melalui sidang-sidang yang menegangkan dan melelahkan selama satu minggu, pada pukul 19.00 WIB. (terlambat dari yang direncanakan) tanggal 24 April 1955, Sidang Umum terakhir Konferensi Asia Afrika dibuka. Dalam Sidang Umum itu dibacakan oleh sekretaris jenderal konferensi rumusan pernyataan dari tiap-tiap panitia (komite) sebagai hasil konferensi. Sidang Umum menyetujui seluruh pernyataan tersebut, kemudian sidang dilanjutkan dengan pidato sambutan para ketua delegasi. Setelah itu, ketua konferensi menyampaikan pidato penutupan dan menyatakan bahwa Konferensi Asia Afrika ditutup.

Konsensus itu dituangkan dalam komunike akhir, yang isinya adalah mengenai :

Kerja sama ekonomi, Kerja sama kebudayaan, Hak-hak asasi manusia dan hak menentukan nasib sendiri, Masalah rakyat jajahan, Masalah-masalah lain, Deklarasi tentang memajukan perdamaian dunia dan kerja sama internasional.

Deklarasi yang tercantum pada komunike tersebut, selanjutnya dikenal dengan sebutan Dasasila Bandung, yaitu suatu pernyataan politik berisi prinsip-prinsip dasar dalam usaha memajukan perdamaian dan kerja sama dunia.

Dasasila Bandung :

• Menghormati hak-hak asasi manusia dan menghormati tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB.

• Menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara.

• Mengakui persamaan derajat semua ras serta persamaan derajat semua negara besar dan kecil.

• Tidak campur tangan di dalam urusan dalam negeri negara lain.

• Menghormati hak setiap negara untuk mempertahankan dirinya sendiri atau secara kolektif, sesuai dengan Piagam PBB. (a) Tidak menggunakan pengaturan-pengaturan pertahanan kolektif untuk kepentingan khusus negara besar mana pun.(b) Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain mana pun.

• Tidak melakukan tindakan atau ancaman agresi atau menggunakan kekuatan terhadap keutuhan wilayah atau kemerdekaan politik negara mana pun.

• Menyelesaikan semua perselisihan internasional dengan cara-cara damai, seperti melalui perundingan, konsiliasi, arbitrasi, atau penyelesaian hukum, ataupun cara-cara damai lainnya yang menjadi pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan Piagam PBB.

• Meningkatkan kepentingan dan kerja sama bersama.

• Menjunjung tinggi keadilan dan kewajiban-kewajiban internasional.

DAMPAK KONFERENSI ASIA AFRIKA

Konferensi Asia Afrika di Bandung telah membakar semangat dan menambah kekuatan moral para pejuang bangsa-bangsa Asia dan Afrika yang pada masa itu tengah memperjuangkan kemerdekaan tanah air mereka, sehingga kemudian lahirlah sejumlah negara merdeka di kawasan Asia dan Afrika. Semua itu menandakan bahwa cita-cita dan semangat Dasasila Bandung semakin merasuk ke dalam tubuh bangsa-bangsa Asia dan Afrika.

Konferensi Asia Afrika juga telah berhasil menumbuhkan semangat solidaritas di antara Negara-negara Asia Afrika, baik dalam menghadapi masalah internasional maupun regional. Beberapa konferensi antarorganisasi dari negara-negara tersebut diselenggarakan, seperti Konferensi Mahasiswa Asia Afrika, Konferensi Setiakawan Rakyat Asia Afrika, Konferensi Wartawan Asia Afrika, dan Konferensi Islam Afrika Asia.

Jiwa Bandung dengan Dasasilanya telah mengubah pandangan dunia tentang hubungan internasional. Bandung telah melahirkan faham Dunia Ketiga atau “Non-Aligned” terhadap Dunia Pertama Washington, dan Dunia Kedua Moscow. Jiwa Bandung telah mengubah juga struktur Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Forum PBB tidak lagi menjadi forum eksklusif Barat atau Timur saja.

Konferensi Asia Afrika ini merupakan catatan manis daru sejarah Indonesia, bayangkan baru 10 tahun Indonesia merdeka namun sudah bisa menyelenggarakan Konferensi tingkat tinggi yang dihadiri pemimpin negara-negara Asia dan Afrika. Melibatkan ribuan orang dengan berbagai sumber yang terbatas namun bisa menyelenggarakan konferensi dengan sukses. Mungkin bisa saja hal ini tidak mungkin jika dibayangkan keadaan Indonesia saat itu, namun Indonesia ternyata bisa.

Ada hal yang menarik tentang penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika, yang dikisahkan Dr Roeslan Abdulgani, dalam bukunya yang berjudul The Bandung Connection: Konperensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955. Pada tahun 1955, Roeslan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri dan memimpin Sekretariat Bersama Penyelenggaraan KAA.

Ketika sidang pleno diistirahatkan pada pukul 13.00, dan akan dilanjutkan kembali pukul 15.00, hujan turun dengan amat derasnya. Ruang sidang pleno bocor, air membasahi kursi dan meja yang diperuntukkan bagi para menteri dan pejabat-pejabat tinggi serta menggenang di lantai. Ada dua hal yang menguntungkan, yaitu para delegasi sudah meninggalkan ruang sidang dan pada pukul 14.00 hujan berhenti. Pintu ruang sidang pun langsung dikunci dan Roeslan langsung memimpin sendiri petugas-petugas di tempat itu untuk mengeringkan meja, kursi, dan lantai yang tergenang air. Mereka menggunakan lap-lap pel, karung goni, lap yang dapat menyerap air, dan ember-ember.

Pukul 14.45, ruangan sidang dapat dikeringkan dan semua dapat bernapas lega kembali. Bayangkan, betapa malunya kita jika sampai para delegasi, atau para wartawan asing, mengetahui kebocoran itu. Cerita Roeslan dalam bukunya tersebut.

Pemberitaan mengenai Konferensi Asia Afrika di berbagai Surat Kabar dalam dan luar negeri

Foto-foto berlangsungnya Konferensi Asia Afrika.

Perangko seri Konferensi Asia Afrika 1955

Berbagai sarana penunjang berlangsungnya Konferensi Asia Africa

Meja dan Kursi rotan yang dipakai delegasi Konferensi Asia Afrika

Lorong penghubung antara Museum KAA dengan Gedung Utama tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika

Gong Perdamaian Asia Afrika untuk memperingati 50 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Podium peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung April 2015 yang lalu.

Usai sudah petualangan sehari saya menelusuri 3 Museum yang ada di Kota Bandung, masih banyak museum-museum yang akan saya kunjungi nanti.

Bandung, the capital of asian african

Sumber: asianafricanmuseum.org | The Bandung Connection: Konperensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955.