Friday 20 July 2018

Pantai Parangtritis


Ini dia tujuan wisata yang ketiga saya menjelajahi selatan Provinsi D.I. Yogyakarta, adalah Pantai Parangtritis, pantai ini merupakan pantai yang terkenal dan terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Sebenarnya yang saya kunjungi adalah Pantai Parangtritis yang baru, lokasi nya agak ke barat dari Pantai Parangtritis lama, tidak jauh dari Pantai Parangkusumo. Jika berkunjung sebaiknya sore hari menjelang matahari terbenam merupakan pemandangan yang terbaik disini. 

Pada dasarnya Pantai Parangtritis bukan tipikal pantai yang bisa digunakan untuk mandi, banyaknya korban tenggelam di Pantai Parangtritis selama ini sudah membuktikan bahwa pantai ini memang cukup berbahaya untuk mandi. Karakter laut selatan ini cukup untuk dilihat keindahannya saja, selain disebabkan gelombang yang tinggi di pantai ini pun terdapat palung atau jurang laut yang berbahaya. Pada saat posisi pergerakan air sedang surut, biasanya pengunjung lebih leluasa maju ke depan dari laut tersebut namun tiba-tiba kena palung dan tergulung gelombang yang datang kearah pantai. Untuk itu kalian tetap waspada jika akan berenang atau main air jangan terlalu maju, nikmati keindahan Pantai Parangtritis jauh lebih aman, perlu kalian ketahui juga ada zona-zona yang dilarang untuk mandi atau berenang jadi jangan mengabaikan larangam tersebut, bisa-bisa bukan berwisata malah tertimpa kemalangan.


Seperti Pantai Parangkusumo di pantai Parangtritis pun penuh misteri karena masyarakat setempat bahkan diyakini oleh wisatawan pun jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang istana kerajaan laut selatan yang merupakan bagian dari kekuasan Ratu Pantai Selatan ada pula salah satu mitos di Pantai Parangtritis yakni tentang Ratu Pantai Selatan yang menyukai benda-benda yang berwarna hijau, jika berada di Pantai Parangtritis jika ada seseorang yang memakai pakaian hijau dapat diseret kelaut untuk diajak menjadi prajuritnya. Percaya tidak percaya itu bagaimana kalian menanggapinya, yang penting kita sebagai wisatawan yang berkunjung ketempat yang belum pernah dikunjungi kira-kira bersikap santun itu jauh lebih baik, tapi terlepas dari mitos yamg ada disekeliling Pantai Parangtritis kita tetap harus waspada karena sudah dijelaskan diatas jika karakteristik Pantai Parangtritis adalah gelombang yang besar dan adanya palung atau jurang laut yang berbahaya. 


Nah jika untuk berenang di Pantai Parangtritis beresiko jangan khawatir berbagai fasilitas hadir di Pantai Parangtritis dari fasilitas wisata seperti Naik Andong, ATV (All Terrain Vechile) untuk menelusuri sekitar pantai, kolam pemandian untuk anak, spot selfie untuk yang hobi berfoto ditambah aneka kuliner yang tersebar dan banyak pilihan, untuk souvenir khas Pantai Parangtritis pun ada disini bahkan penginapan murah hadir disini untuk melengkapi liburan kalian.


Tiket Masuk Parangtritis (Juli 2018) 
Rp9.750 + Asuransi Rp250 
Bisa ditempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 45-60 menit dengan jarak sekitar 28-30 km 

Tujuan terakhir saya akan berkunjung masih pantai, yaitu Pantai Pandansari namun ada keunikan tersendiri disini yaitu terdapat menara suar yang akan saya kunjungi....

No comments:

Post a Comment