Saturday 20 October 2018

Candi Banyunibo




Puas berkunjung ke Tebing Breksi saya melanjutkan perjalanan untuk kembali ke pusat Kota Yogyakarta sekalian berkunjung ke candi Banyunibo. Dari Tebing Breksi ke Candi Banyunibo sekitar 5.8 km ditempuh hanya 16 menit memakai gmaps. Candi Banyunibo teletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Candi yang cukup menarik perhatian saya ini bentuknya sedikit berbeda dengan kebanyakan candi-candi yang pernah saya kunjungi pertama letaknya yang dikelilingi oleh sawah. Dilihat disetiap dari bangunan Candi Banyunibo terdapat hiasan Jaladwara yang berfungsi sebagai saluran pembuangan air ketika hujan, uniknya candi ini atapnya berbentuk limas atau mirip kubah yang datar ditambah ditengahnya terdapat stupa.



Tepat di atas ambang pintu, terdapat hiasan Kalamakara tanpa rahang bawah. Di bagian dalam dinding, di atas ambang pintu, terdapat pahatan yang menggambarkan Hariti, dewi pelindung anak-anak, jika saya tidak salah relief Hariti ini pun terdapat di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Hiasan Hariti ini sedang duduk bersila diapit oleh dua ekor burung merak. Di sekeliling wanita itu terdapat anak-anak kecil yang menggambarkan Kuwera, dewa kekayaan, sedang duduk duduk dengan tangan kanan tertumpu paha. 



Di atas ambang jendela terdapat hiasan Kalamakara, sedangkan di kiri dan kanannya terdapat pula relief-relief yang saya tidak ketahui 



Di halaman candi terdapat sepasang arca lembu dalam posisi duduk. Tidak tahu kenapa arca lembu ini berada diluar dari candi, apakah memang dari dulu atau memang sudah dipindahkan.

No comments:

Post a Comment