Sunday 5 November 2017

Candi Plaosan Lor

Destinasi ketiga setelah Museum Sonobudoyo dan Candi Kalasan dihari kedua saya berada di Yogyakarta akan mengunjungi Candi Plaosan, jarak antara Candi Kalasan dengan Candi Plaosan adalah sekitar 7.5 Km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Menurut Google Maps timeline saya meninggalkan Candi Kalasan jam 13:14 tetap dengan menggunakan Gojek, singkat cerita saya sudah sampai di Candi Plaosan jam 13:47 lumayan macet sekitar 33 menit perjalanan saya. Tengah hari cuaca di Klaten ini sangat terik apalagi berkunjung ke Candi 


Beli tiket dulu ya cukup Rp 3.000.00,-

Sekedar info saja jika Candi Plaosan ini berada di Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah sedangkan ketika saya berkunjung ke Candi Kalasan berada di Kabupaten Sleman, Propinsi D.I. Yogyakarta.

SEJARAH SINGKAT
Candi ini merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor (lor dalam bahasa Jawa berarti utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan).
Candi Plaosan yang merupakan candi bercorak Buddha ini oleh para ahli diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M. Salah satu pakar yang mendukung pendapat itu adalah De Casparis yang berpegang pada isi Prasasti Cri Kahulunan (842 M). Dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan, dengan dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang Putri, yang memeluk agama Buddha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang memeluk agama Hindu.

Candi Plaosan Lor (Utara)


Candi Plaosan Lor dengan Candi Utama disebelah utara.

Di pusat kompleks Candi Plaosan Lor terdapat dua bangunan bertingkat dua yang merupakan candi utama. Kedua bangunan tersebut menghadap ke barat dan masing-masing dikelilingi oleh pagar batu. Relief pada dinding candi yang di selatan menggambarkan laki-laki, sedangkan pada candi yang di utara menggambarkan perempuan.


Tangga menuju pintu dilengkapi dengan pipi tangga yang memiliki hiasan kepala naga di pangkalnya. Bingkai pintu dihiasi pahatan bermotif bunga dan sulur-suluran. Di atas ambang pintu terdapat hiasan kepala Kala tanpa rahang bawah (tepat diatas pintu masuk). 


Dinding batu yang memagari masing-masing candi utama dikelilingi oleh candi perwara yang semula berjumlah 174, terdiri atas 58 candi kecil berdenah dasar persegi dan 116 bangunan berbentuk stupa. Tujuh candi berbaris di masing-masing sisi utara dan selatan setiap candi utama, 19 candi berbaris sebelah timur atau belakang kedua candi utama, sedangkan 17 candi lagi berbaris di depan kedua candi utama. Hampir semua candi perwara tersebut saat ini dalam keadaan hancur. 


Reruntuhan Candi bak puzzle besar yang harus ditata kembali untuk mendapatkan bentuk seutuhnya, pekerjaan yang sangat sulit tentunya


Di pelataran utara kompleks Candi Plaosan semula juga terdapat 6 buah stupa besar.


Di setiap sudut barisan candi perwara masih terdapat sebuah candi kecil lagi yang dikelilingi oleh dua barisan umpak yang juga diselingi dengan sebuah candi kecil lagi di setiap sudutnya.


Candi Plaosan Lor dimana Candi Utama sebelah selatan yang dikelilingi Pewara sedang dalam tahap rekontruksi


Di pusat kompleks Candi Plaosan Lor terdapat dua bangunan bertingkat, hal. Saya mengira jika Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul "bertetangga" ini hanya di pisahkan sekat atau dipagari batu. Ternyata dugaan saya salah, karena yang saya kunjungi adalah Candi Plaosan Lor dengan dua Candi Utama yang menghadap ke barat. Candi Plaosan Lor sering disebut Candi Kembar, Candi Laki-laki dan Candi Perempuan. Candi Plaosan Kidul yang saya maksud berada di sebelah selatan dari Jalan raya itu pun bangunannya tinggal reruntuhannya saja tidak seperti Candi Plaosan Lor yang berdiri megah, yang tersisa hanyalah beberapa Candi Pewara yang masih berdiri.

Setelah selesai berkunjung destinasi terakhir adalah Candi Ijo, Google Maps Timeline menunjukan jam 14:59 saya meninggalkan Candi Plaosan Lor .

1 comment: