Monday 19 February 2018

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat


Sepi, hening, tidak banyak orang itulah yang saya rasakan pertama kali ketika berkunjung ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terletak di Jalan Dipati Ukur No. 48, Kota Bandung. Lokasinya berhadapan dengan Gedung Sate dan di depan Graha Sanusi, Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung. Monumen berdiri di atas tanah seluas ± 72.040 m² dan luas bangunan ± 2.143 m². serta model bangunannya, berbentuk bambu runcing yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Monumen diresmikan penggunaanya oleh Gubernur Jawa Barat, R. Nuriana pada tanggal 23 Agustus 1995.

Sayang ketika saya mengunjungi Monumen tersebut, museum yang saya akan kunjungi tidak dibuka entah kenapa, petugas pun terlihat kosong hanya security saja yang berjaga. Padahal ketika saya berkunjung pada hari kamis, 8 Februari 2018 sulit untuk menanyakan informasi mengenai museum. Sangat sepi pengunjung alhasil saya hanya mengintari Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Di sekitar dinding-dinding monumen terdapat relief, relief ini menceritakan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, masa kemerdekaan, dan masa mempertahankan kemerdekaan dalam melawan penjajahan baik Belanda, Inggris dan Jepang.





Selain itu Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat sering dijadikan tempat untuk event-event tertentu

Cukup kecewa ketika datang kesana melihat tidak dibukanya museum malah ketika saya bertanya ke petugas keamanan terlihat kebingungan.

Bangunan megah ini seharusnya lebih diberdayakan agar bisa bermanfaat bagi pengunjung terutama mengedukasi, untuk bahan museum saya pikir Jawa Barat tidak akan kehilangan informasi sejarah, banyak sekali peristiwa-peristiwa bersejarah yang bisa diexpose dan dikenalkan. Informasi sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat. Tinggal kemauan dari pihak terkait untuk "menghidupkan" kembali Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terutama dari segi museum serta aktivitas yang kreatif.


Tampak dari kejauhan Gedung Sate.

No comments:

Post a Comment